Kepemimpinan merupakan bagian yang sangat penting dari membangun organisasi yang kuat.Sehingga kepemimpinan seharusnya menjadi bagian dari pengembangan sumber daya manusia yang berkesinambungan. Tanpa kepemimpinan tidak pernah ada yang namanya organisasi oleh karena itu organisasi harus semakin konsen untuk menciptakan pemimpin yang bukan hanya memahami konsep kepemimpinan tetapi pemimpin yang mampu menunjukan tindakan-tindakan yang tepat.

Ada 5 prinsip dasar kepemimpinan yang sangat penting yaitu :

1. Kepemimpinan bukan teori tetapi tindakan karena dengan bertindak mereka akan memahami bagaimana seharusnya seorang pemimpin berfungsi dengan efektif.

2. Kepemimpinan lebih berbicara masalah kepedulian karena tanpa kepedulian seseorang tidak akan mampu memimpin orang lain dengan optimal.

3. Kepemimpinan adalah pengaruh, sehingga jika orang yang anda pimpin tidak mengikuti apa yang anda katakan, anda harus instropeksi diri apa yang masih kurang dari diri anda.

4. Kepemimpinan adalah role model dimana seluruh hidup anda seperti lemari pajang yang dilihat oleh oranglain, orang akan menilai dan mengikuti apa yanganda contohkan.

5. Kepemimpinan membutuhkan kombinasi otak dan otot yang seimbang terutama jika menghadapi orang yang sulit kadangkala pemimpin harus berani menggunakan otot (sikap tegas).

Kelima prinsip dasar diatas akan membantu seseorang untuk mencapai target kerja yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *