manajemen waktu

Bagi Anda yang masih merasa kurang bisa mengatur waktu dalam bekerja, berikut 5 (lima) cara mengatur waktu yang akan membantu Anda lebih produktif bekerja:

 

  1. Membuat Catatan Kegiatan Setiap Hari

Cara mengatur waktu yang baik adalah dengan membiasakan diri menyusun daftar apa yang harus dikerjakan esok hari. Susun daftar to-do list ini pada malam sebelum bekerja. Gunakan aplikasi reminder yang banyak tersedia di smartphone. Aplikasi ini akan membantu mengingatkan Anda apa yang harus dikerjakan dalam waktu dekat, untuk menghindari Anda lupa terhadap hal-hal penting yang akan Anda kerjakan.

  1. Selesaikan Pekerjaan Paling Penting Terlebih Dahulu

Susunlah prioritas daftar pekerjaan Anda, hal itu akan memudahkan Anda dalam mengelola pekerjaan. Dan Anda akan memiliki sejumlah waktu yang cukup memadai untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan penyelesaiannya

Selain itu, jika Anda sudah menandai sebuah pekerjaan sebagai prioritas, maka tidak boleh ada hal lain yang bisa membuat pekerjaan tersebut menjadi tertunda. Abaikan semua gangguan yang datang sampai pekerjaan prioritas tersebut selesai secara tuntas.

  1. Menentukan Estimasi Waktu Dalam Penyelesaian Pekerjaan

Penentuan waktu dalam mengerjakan sesuatu bisa membantu untuk lebih efisien dan cerdas dalam mengelola setiap detik waktu yang Anda miliki untuk pekerjaan tersebut. Sekalipun Anda harus menambahkan beberapa waktu untuk menyelesaikannya.

  1. Fokus Untuk Menyelesaikan Satu Persatu Pekerjaan

Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang melakukan tugas satu ke tugas yang lain lebih dari 10 kali dalam sehari akan berpotensi membuat kinerja otak menurun. Kelelahan otak akan membuat tubuh cepat lelah dan mudah mengalami stres. Selain itu, kemampuan menyimpan memori terutama short time memory akan menurun. Menjadi seorang multitasking memang terkesan hebat. Padahal melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan hanya akan membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan utama. Kalaupun pekerjaan bisa selesai pada waktunya, hasilnya pasti tidak akan optimal.

  1. Mengambil Waktu Istirahat

Bekerja akan menguras energi Anda, maka untuk menjaga stamina diperlukan istirahat sejenak yang akan mengembalikan energi untuk penyelesaian pekerjaan Anda yang lainnya.  Hal ini dapat meningkatkan kerja otak, mempertajam ingatan, dan meningkatkan mood.

 

Dari berbagai Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *