Biasanya dalam menghadapi pergantian tahun, orang-orang beramai-ramai membuat resolusi. Apakah Anda juga punya resolusi di tahun baru ini? Di antara mereka ada yang sekadar mengucapkannya, ada pula yang menuliskannya. Ada yang begitu detil merencanakannya, tapi bingung dalam eksekusinya.

Nah, pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang eksekusi. Terutama bagaimana caranya membentuk kebiasaan baru pada salah satu resolusi Anda. Misalnya Anda ingin menulis sebuah buku pada tahun ini, tentu Anda perlu rutin menulis mulai dari sekarang, namun kadang semangat itu hanya berjalan satu bulan saja, selebihnya tinggal alasan-alasan. Bener nggak? Hhe.

Nah, rekan saya Donie Pangestu pernah berdiskusi dan menyampaikan tips ini. Hasilnya benar-benar bagus. Maka menurut saya sepertinya perlu juga untuk saya bagikan kembali apa yang menjadi cara jitu membentuk kebiasaan baru. Daripada Anda terus merasa lelah karena usaha untuk berubah seringkali menemukan kegagalan.

Izinkan saya untuk bertanya terlebih dahulu. Bila Anda ditantang untuk menghabiskan 1 ekor sapi seberat 1 ton, apa yang harus dilakukan? Hmm… jawabannya sederhana saja: memotong sapi itu menjadi bagian-bagian kecil kemudian memasaknya menjadi berbagai macam menu masakan setiap harinya hingga daging sapi itu habis.

Lalu bagaimana dengan target mengubah diri? Solusinya adalah dengan memecah target Anda menjadi target-target kecil dan tahapan-tahapan yang mudah. Nah, berikut tujuh langkah sederhana yang bisa segera Anda terapkan:

  1. Fokus Pada Satu Kebiasaan Baru

Tetapkan kebiasaan baru yang ingin bisa Anda lakukan setiap saat, sesuatu yang ingin Anda lakukan dalam kehidupan Anda dan bisa dilakukan setiap hari, bahkan tanpa Anda sadari.

  1. Jaga Komitmen Sedikitnya Selama 40 Hari

Selama masa ini, seluruh hidup Anda harus disusun sedemikian rupa setiap harinya disesuaikan dengan kebiasaan baru yang ingin Anda bentuk dan melakukannya secara konsisten.

  1. Ikuti Cara Bayi Belajar Melangkah

Jangan tergesa-gesa, jangan ingin langsung berlari, buat target dan komitmen kecil yang tidak mungkin gagal dan fokus pada keberhasilan kecil.

  1. Buat Rencana Cadangan Bila Suatu Saat Ada Hambatan

Dalam perjalanan selalu ada kemungkinan munculnya hambatan di luar jangkauan kendali kita, misal bila cuaca tidak memungkinkan, apa yang akan kita lakukan?

  1. Buat Timeline

Setelah kita memecah target kita menjadi target-target kecil, atur manajemen waktunya, buat deadline dari setiap target, berapa lama setiap target itu harus tercapai.

  1. Buat Reward dan Punishment

Secara fitrah, Tuhan menciptakan rasa takut dan harap dalam diri manusia, maka untuk menambah motivasi kita, buatlah reward untuk diri kita bila berhasil mencapai setiap target dan punishment bila kita tidak mencapainya.

  1. Cari Pendamping

Carilah teman, saudara atau orang yang memiliki pengaruh dalam hidup kita yang mau membantu memantau dan mengingatkan atas komitmen yang telah kita buat.

Demikianlah tips tentang bagaimana cara membentuk kebiasaan yang baru. Coba praktikkan dan rasakanlah menjadi pribadi yang baru.

 

Ditulis oleh Afif Luthfi – Learning Director AND-LC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *