Problem Solving & Decision Making

Home > Services > Training > Problem Solving & Decision Making

Problem Solving and Decision Making merupakan pelatihan dua hari yang ditujukan bagi level supervisor hingga manajer agar mereka memiliki cara berpikir yang benar dan kritis untuk menggali permasalahan yang mereka hadapi di perusahaan.

Teknik yang digunakan mengacu kepada model Kepner Trego seorang peneliti di bidang problem solving yang konsepnya sudah banyak digunakan oleh berbagai macam industri untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Ada lima tahapan yang akan dibahas dalam pelatihan dua hari ini :

1. Bagaimana cara menentukan masalah sebagai masalah

2. Mengidentifikasikan penyebab dari suatu masalah dengan menggunakan metode brain storming dengan model “mind mapping” dari Edward de Bono seorang pakar berpikir internasional.

3. Mengidentifikasikan alternatif solusi dengan menggunakan metode “activation creative thinking” di mana otak manusia di improve sedemikian rupa agar mereka bisa menemukan berbagai macam hal yang tidak biasa mereka pikirkan.

4. Memilih solusi terbaik di mana pada tahapan ini peserta akan diperkenalkan dengan “model matrix solution” yang cukup handal untuk menentukan inti dari solusi terbaik yang akan digunakan.

5. Mengimplementasikan seluruh solusi yang ada dengan tepat menggunakan “project timeline” method dan high impact persentasi agar ide dan gagasan yang sudah muncul bisa di persentasi kan pada atasan atau perusahaan dengan dampak besar untuk diterima.

Tools yang digunakan dalam metode ini adalah:

Problem Identification

Mind Mapping Tool

Activation Creative Thinking Sheet

Matrix Solution Tools

Jika Anda ingin mengadakan training ini di perusahaan Anda, silakan request proposal di bawah ini:

Testimony

“Hasil dari pelatihan ini bisa kita jadikan acuan untuk penerapan dilapangan bagaimana kita untuk melakukan Problem Solving dan cara menyelesaikannya dengan keputusan cepat dan tepat.”
Sumardi, ST.
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk
“Mengetahui cara proses Problem Solving yang benar dan memahami karakter/tipe orang-orang baik atasan ataupun bawahan.”
Yusup Mashudah
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk
“Dapat menambah Motivasi dalam bekerja, terutama ketika menghadapi masalah.”
Laurensius Slamet Martono
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk