Tips Menjadi Leader yang Berkualitas - AND Learning & Coaching

Figur Seorang leader akan  menentukan bagaimana kinerja bawahan dapat dioptimalsiasi dengan baik. Pengaruh positif yang diberikan pemimpin biasanya membuahkan respect jangka panjang dari para bawahan, bahkan ketika secara struktur organisasi, sang pemimpin sudah tidak menduduki jabatan sebagai pemimpin.

Berikut adalah tips bagaimana seorang leader yang baik dan disukai oleh karyawan :

  1. Percaya diri

Seorang pemimpin menanamkan rasa percaya dirinya dengan memiliki visi yang jelas, menunjukkan empati dan menjadi panutan yang kuat. Tunjukkan penampilan yang tegas namun tidak angkuh dan tetap mementingkan kemurahan hati. Hal itu akan memberikan rasa hormat dari orang lain.

  1. Mengembangkan diri

Seorang pemimpin tentu harus mengetahui potensi apa yang dimilikinya. Memimpin bukanlah hal yang mudah, dalam hal situasi apapun Ia harus dapat mengoordinasikan bawahan untuk tetap melakukan tugasnya dengan baik. Sebagai sumber solusi dalam pengambilan keuputusan, tentu harus lebih luas dalam hal pengetahuan dan skill yang memadai, hal tersebut dapat ditempuh dengan kemauannya untuk terus mengembangkan diri dan belajar.

  1. Evaluasi Diri

pemimpin akan terus mencari tahu dan membuat catatan sebagai pengingat tentang apa yang sebaiknya dilakukan dan yang tidak, bagaimana membuat keputusan yang baik, bagaimana untuk memotivasi para karyawan untuk tetap memiliki performa kerja yang memuaskan dan mengarah pada kesuksesan perusahaan. Namun, semua itu tidak berarti jika tidak dilakukan evaluasi diri

  1. Transparansi

Untuk mendapatkan kepercayaan dari tim atau kelompok, maka seorang  harus bersikap transparan. Jangan menutupi hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan sehingga secara tidak langsung memberikan kebebasan dan konsistensi untuk memimpin.

Brian Tracy menyatakan bahwa integritas merupakan salah satu nilai pokok penting untuk menentukan kualitas pemimpin. Mereka sepakat tentang pentingnya kejujuran yang utuh dalam segala hal yang mereka lakukan, baik secara internal maupun eksternal.

Integritas mensyaratkan bahwa Anda selalu mengatakan yang sebenarnya kepada semua orang dalam setiap situasi.

Kejujuran adalah sifat dasar yang diperlukan untuk sukses baik dalam kepemimpinan maupun  bisnis.

  1. Mengembangkan Karyawan

Pemimpin dituntut untuk mengetahui potensi yang dimiliki bawahannya sehingga dalam pendelegasian tugas dapat dilakukan oleh orang yang tepat. Selain itu, pemimpin juga harus mampu  melibatkan orang-orang dalam perbaikan terus-menerus. Jadi pemimpin perlu menjadi agen perubahan yang efektif, membantu orang untuk mengatasi keyakinan negatif mereka tentang perubahan yang cenderung menahan mereka.

Seperti ucapan Zig Ziglar:

“You will get all you want in life, if you help enough other people get what they want.”

“Anda akan mendapatkan semua yang Anda inginkan dalam hidup, jika Anda membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan.”

Pemimpin yang besar datang karena mereka telah mengasah kemampuan tersebut selama bertahun-tahun. Kepemimpinan secara sederhana dapat dimiliki karena perubahan kecil yang dilakukan secara terus menerus – misalnya bertanggung jawab. Memang tidak mudah, dan konsisten menjadi poin terpenting untuk dapat memilikinya.

 

**Dari Berbagai Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *