Waktu yang Tepat Memberikan Pujian dan Teguran

Teguran Pujian

Dalam proses pengolahan manusia kita mengenal dengan istilah reward and punishment atau yang bisa juga dilakukan dalam bentuk teguran dan   pujian.  seringkali teguran pujian tidak dilakukan dengan cara yang tepat hal ini seringkali membuat dampak dari reward and punishment terhadap pengelolaan suatu bentuk perilaku menjadi tidak efektif.  Tiga hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika kita melakukan proses teguran atau pujian adalah :

1.  Momentum,  yaitu proses teguran atau pujian harus dilakukan dalam waktu yang tepat yaitu waktu dimana dekat dengan suatu perilaku ingin dipertahankan atau ingin diubah sehingga teguran akan efektif jika diberikan minimal kurang dari 1 kali 24 jam  karena jika teguran sudah dilakukan terlalu lama dari munculnya suatu perilaku maka teguran tidak lagi memiliki dampak yang kuat untuk merubah perilaku tersebut,  bahkan bisa menimbulkan  antipati dari orang yang kita tegur.

2.  Intensitas,  seberapa besar proses teguran dan pujian akan berdampak ketika penyampaiannya dilakukan dengan intonasi,  penekanan,  komunikasi yang tepat.  Misalnya teguran diberikan dengan nada yang tegas cepat dan  terfokus.  namun pujian diberikan dengan nada penuh motivasi dan sanjungan.

Baca juga artikel: 10 Kekeliruan dalam Percakapan

3.  Personalisasi,  teguran sebaiknya dilakukan secara pribadi tidak di depan orang lain agar tidak membuat perasaan tidak nyaman bagi orang yang ditegur,  namun pujian sebaiknya dilakukan di depan orang banyak agar perilaku tersebut bisa memberikan motivasi yang kuat bagi orang tersebut dan memberikan contoh bagi pendengar berkaitan dengan perilaku yang diharapkan oleh pimpinan atau perusahaan.

tiga hal diatas menjadi sangat penting ketika kita melakukan teguran dan pujian.

Kami siap membantu perusahaan dan organisasi Anda mencapai sasaran yang diinginkan? Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut pelayanan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *