4 Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan | AND Learning & Coaching
Produktivitas

Sebagai seorang pemimpin dalam organisasi atau perusahaan harus memperhatikan bagaimana kinerja dan potensi karyawan yang dimilikinya. Hal ini sangat berguna dalam memberikan arahan dan meningkatkan motivasi karyawan untuk memaksimalkan kinerjanya dalam bekerja.
Berikut adalah tips bagi pemimpin untuk meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja :

1. Memberikan lingkungan kerja yang baik
Lingkungan Kerja merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas Karyawan, dalam hal ini adalah tim yang memberikan energi positif dan saling mendukung, tempat kerja yang nyaman, keamanan dan keselamatan kerja yang memadai , dan fasilitas-fasilitas yang mendukung penyelesaian pekerjaanya.

2. Memberikan pelatihan
Pelatihan berguna untuk meningkatkan skill atau meningkatkan potensi karyawan. Pelatihan ataupun Training akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan dalam bekerja. Dengan demikian, akan meningkatkan daya karyawan dalam melakukan pekerjaan secara professional dan semangat dalam bekerja.

3. Meningkatkan teamwork dalam bekerja
Pemimpin juga harus mengarahkan mengenai pentingnya teamwork dalam bekerja, bahwa satu tim dengan yang lainnya saling membutuhkan, mengesampingkan egoisme untuk tujuan perusahaan, hal ini berdampak pada efektifitas kerja yang baik. Upaya ini juga bisa dilakukan dengan intens dalam berkomunikasi, mengadakan waktu bersama dengan karyawan diluar waktu kerja, misalnya makan bersama, merayakan ulang tahun, outbound dll.

4. Memberikan penghargaan atas prestasi karyawan dan hukuman
Memberikan pujian dan Bonus kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi atas usaha dan kerja keras yang dilakukan karyawan sehingga menghasilkan pekerjaan yang excellent, namun punishment juga perlu diberikan agar karyawan lebih berhati-hati terhadap kesalahan yang dilakukannya, hal tersebut merupakan salah satu meningkatkan motivasi bagi karyawan untuk bekerja lebih baik yang berdampak pada meningkatnya produktivitas kerja perusahaan.

Produktivitas karyawan akan sangat berpengaruh pada produktivitas perusahaan dan tentunya juga akan berpengaruh pada kenaikan keuntungan yang akan didapatkan perusahaan. Kemudian yang perlu diperhatikan juga untuk menjalankan strategi guna peningkatan produktivitas pada karyawan di perusahaan maka tidak hanya memperhatikan pada satu aspek saja, melainkan harus dijalankan secara menyeluruh dan terintegrasi satu sama lain.


** Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *