Mengapa Human Resources Management dewasa ini harus berdasarkan pada perkembangan trend yang akan terjadi pada tahun 2020? Karena dengan kemajuan teknologi ternyata membuat budaya berpikir akan sangat berubah drastis. Apa yang kita pahami tentang manusia dalam konteks kerja akan sangat berbeda dengan dengan yang kita pahani saat ini. Perubahan ini sebenarnya sudah banyak di gaungkan oleh beberapa pakar yang melihat bahwa akan ada revolusi berpikir yang luar biasa besarnya yang akan merubah wajah dunia pada tahun 2020. Perubahan perubahan tersebut saat ini juga sebenarnya sudah terasa namun karena masih bergerak dengan masih lambat sehingga tidak terasa. Beberapa perubahan tersebut adalah :

  1. Turunnya minat orang untuk bekerja di industri manufacturing. Banyak generasi Y dan Z yang lebih memilih bidang yang “gaul” seperti telekomunikasi dan Jasa.
  2. Orang lebih menginginkan pekerjaan “partime” atau “freelance” selain karena alasan transportasi yang banyak kemacetan juga pola penggunaan waktu yang semakin tidak teratur sehingga lebih senang jika waktu kerja lebih fleksibel
  3. Performance Management yang sekarang belaku lebih cocok jika dipadukan dengan budaya kerja generasi X dan sebelumnya, tetapi akan menjadi masalah bagi generasi Y dan Z dimana ukuran-ukuran prestasi akan sama sekali berbeda.

dan masih banyak lagi perubahan-perubahan yang harus dicermati oleh perusahaan terutama oleh HR Departemen jika ingin agar angkatan kerja yang ada dapat berkontribusi dengan optimal. Kita tidak dapat lagi terjebak menggunakan metode-metode yang lama baik dalam hal pengelolaan gaji, karir, performance, struktur organisasi bahkan job description.

Ini adalah konsekuensi dari perubahan teknologi yang berubah dengan sangat radikal. Ikuti pelatihan Human Resources Management 2020 sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan perusahaan menghadapi dunia kerja yang sangat berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *