teamwork andlc

Pepatah mengatakan “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”, pepatah tersebut menggambarkan bagaimana bersatunya tim melalui kerjasama sangat berpengaruh terhadap tujuan atau pencapaian perusahaan. Semua lini divisi bekerjasama dengan visi dan misi yang sama, namun beragamnya karakter, budaya, kondisi dsb, hal tersebut tidak mudah dilakukan. Adanya pengertian, saling memahami dan bagaimana kita menyikapi setiap kondisi untuk tetap mempertahankan kerjasama yang solid untuk bersama-sama membersarkan perusahaan dan mengesampingkan kepentingan pribadi.

Berikut adalah tips jitu bagaimana membangun teamwork dalam dunia kerja :


1. Visi dan Misi yang Jelas
Pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan tujuan tim yang jelas. Tentukan tujuan dan harapan dalam tim secara spesifik.

2. Membangun Komunikasi
lakukan komunikasi secara intensif. Baik melalui meeting pagi atau pertemuan lain yang dilakukan oleh seluruh anggota tim kerja. Sehingga setiap orang akan mengerti tugas dan target yang harus dilaksanakan.

3. Pahami Peran dan Tanggung Jawab
Laiknya sebuah tim sepak bola, setiap anggota tim juga punya peran dan tanggung jawab yang berbeda. Hal ini harus benar-benar dipahami oleh seluruh anggota tim. Membangun kerja tim yang kompak dan efektif pasti butuh pemahaman tentang peran dan tanggung jawab. Sehingga mereka bisa lebih fokus dalam menyelesaikan tugas masing-masing.

4. Membangun kepercayaan
Cara membangun kepercayaan dalam tim adalah dengan membuat mereka berani bicara untuk mengutarakan opini. Jangan langsung mematahkan pendapat seseorang, karena itu akan membuat mereka menahan diri untuk bicara. Ciptakan juga komunikasi timbal balik, sehingga anggota tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan.

5. Menyebarkan Energi Positif
Menularkan energi positif kepada anggota tim merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap anggota tim. Diketahui bahwa jika Anda “mengeluarkan” energi positif kepada orang lain akan menciptakan suasana kerja yang positif pula, banyaknya pekerjaan dan masalah akan teratasi dengan baik.

6. Membuat Sistem Reward
Pacu motivasi bekerja seluruh tim dengan membuat sistem penghargaan. Siapa pun yang punya prestasi, laik diganjar dengan reward. Inti dari pemberian penghargaan ini adalah agar seluruh tim merasa kerja keras mereka dihargai oleh perusahaan.

Selain itu, dengan sistem penghargaan, anggota tim yang lain pun akan terpacu untuk memberi yang terbaik. Sehingga diharapkan nantinya, semuanya akan bekerja secara optimal dan mampu mencapai tujuan secara bersama-sama.

Ada banyak bentuk penghargaan yang bisa diterapkan. Dari mulai membuat label “karyawan terbaik bulan ini”, “karyawan dengan penjualan terbanyak”, atau bahkan pemberian bonus di luar upah yang diterima setiap bulan.

7. Tingkatkan Kompetensi Tim
Seperti halnya peran dan tanggung jawab, tingkat kompetensi yang dimiliki tim pun pasti berbeda. Jika ternyata tingkat kompetensi antaranggota tim terlalu jauh perbedaannya, saatnya untuk meningkatkannya melalui pelatihan.

Pastikan kompetensi yang dimiliki setiap anggota tim memang sesuai dengan pekerjaan dan tugas yang menjadi tanggung jawab mereka.

Kalau memang kemampuan yang dimiliki masih belum memenuhi ekspektasi, bisa menghubungi departemen SDM untuk mencari pelatihan yang sesuai.
Ingat, kerja tim akan bisa berjalan dengan baik dan sukses jika masing-masing anggota memang punya kompetensi yang sesuai dengan pekerjaannya.

**dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *