5 Cara Untuk Meningkatkan Fokus | AND Learning & Coaching

Bekerja dengan setumpuk tugas seringkali membuyarkan fokus kita. Otak kita sibuk untuk menakar prioritas, waktu, target, orang-orang yang bersangkutan, dan kualitas pekerjaan. Apalagi jika ada masalah-masalah eksternal berdatangan. Mulai dari yang sifatnya pribadi hingga sebatas distraksi.

Berikut adalah 5 cara untuk meningkatkan fokus yang bisa Anda coba :

  1. Pecah goal besar menjadi beberapa bagian kecil yang mudah dicapai. Jika saya tanya, bagaimana caranya memakan gajah? Ya, dengan cara memotongnya menjadi beberapa bagian kecil. Efeknya, Anda lebih optimis dalam mencapai goal Anda dan lebih mudah mengukur setiap prosesnya.
  2. Matikan semua gawai dan alat elektronik sejenis yang yang dapat mengganggu konsentrasimu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu sering menggunakan gawai saat kerja bisa menurunkan konsentrasi dan produktivitas.
  3. Berlatih dan lakukan meditasi. Anda bisa belajar untuk relaksasi diri dan melakukannya di setiap jeda jika diperlukan. Selain lebih sehat, meditasi juga dapat membuat pikiran lebih fokus.
  4. Break! Anda perlu jeda sebentar. Jangan paksakan diri. Tidur siang selama 15 menit efektif akan lebih menyegarkan tubuh Anda.
  5. Minum kopi. Studi menunjukkan adanya hubungan antara kafein dan kognisi sehingga fokus Anda lebih terbantu.

Ditulis oleh: Afif Luthfi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *