Engagement - AND Learning & Coaching

Istilah engagement atau keterlibatan merupakan istilah yang penting dewasa ini, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan, banyak sekali perusahaan yang hancur karena tidak adanya keterlibatan dari para karyawannya.

Keterlibatan dapat diartikan bagaimana seseorang memberikan kontribusi yang besar sesuai dengan kapasitas maksimum yang ia miliki baik waktu, baik upaya, baik pemikiran bahkan emosi yang ia berikan pada perusahaan.

Keterlibatan juga akan memberi ikatan yang kuat antara karyawan dengan perusahaan, sehingga mereka merasa bahwa ketika mereka memberikan yang terbaik maka perusahaan tempat mereka bekerja pun akan mampu mencapai target, sehingga ada kebanggaan dan kepuasan dari karyawan untuk melakukan segala macam hal secara sukarela sehingga mereka bisa melihat akhir dari upaya mereka yaitu kesuksesan organisasi.

Keterlibatan sendiri membutuhkan suatu proses yang cukup panjang yaitu perlu adanya kepemimpinan yang kuat untuk menciptakan keterlibatan tersebut, sehingga membuat tim yang ada mampu merubah mindset mereka tentang nilai-nilai kerja.

Jadi langkah awal untuk menciptakan keterlibatan adalah bagaimana membangun nilai yang positif dan bagaimana nilai ini juga selaras dengan apa yang dipikirkan oleh karyawan dan yang lebih penting bahwa nilai tersebut diimplementasikan tanpa pandang bulu.

Misalnya jika perusahaan membangun nilai kerjasama maka perlu ketegasanuntuk memberikan apresiasi terhadap orang-orang yang mampu bekerja sama namun juga harus tegas terhadap orang-orang yang tidak dapat bekerja sama dalam tim.

Jika nilai-nilai ini sudah dapat dilaksanakan maka semua orang akan mulai terlibat dengan kegiatan aktivitas yang positif dalam perusahaan, di mana mereka melihat bahwa perusahaan memberikan naungan bagi orang-orang yang berpikir positif dan orang-orang yang memiliki motivasi kerja yang tinggi.

Langkah berikutnya yang harus dilakukan untuk membangunkan keterlibatan adalah hubungan yang intensif antara atasan dengan bawahan, sehingga bawahan tidak sekedar menjadi pelengkap saja namun mereka juga terlibat dalam memberikan kontribusi dalam setiap program yang dicanangkan oleh perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *